Hobi-Hobi Yang Ampuh Penangkal Stress

Ditulis oleh: -
Stress bukanlah suatu kata atau istilah yang asing di telinga kita. Setiap saat siapa saja, kapan saja, dimana saja bisa terkena stress. Stress bisa datang menghampiri pria, wanita, tua, muda, bahkan anak-anak. Tekanan pekerjaan, problem dalam keluarga, hingga terjebak dalam kemacetan jalan bisa menjadi pemicu stress. Untuk solusinya, ada beberapa kegiatan hobi yang dapat anda jalankan. Berikut ini adalah hobi-hobi yang dapat mencegah atau  mengatasi stress anda:
1.      Jalan-jalan atau travelling
adsaHobi jalan-jalan atau traveling dapat kita perggunakan untuk mengatasi tekanan stress yangg memuncak.  Saat anda jalan-jalan, anda bisa menikmati pemandangan selama perjalanan, bertemu orang-oran baru, menikmati wisata kuliner, dan melakukan segudang aktifitas yang menyenanggkan lainnya yang menyita tenaga dan pikiran anda dari stress. Anda bisa jalan-jalan ke tempat-tempat dengan pemandangan yang indah baik itu di dalam maupun ke luar negeri. Untuk yang satu ini sebaaiknya direncanakan dengan baik agar tidak malah menaambah stress dengan segala kendala yang tidak terduga. Atau yang paling mudah anda dapat jalan-jalan di taman, pantai atau munkin jalan-jalan keliling komplek untuk mencari udara segar.
2.      Memotret
13093445_lMasih berhubungan dengan jalan-jalan, hobi yang satu ini terbukti cukup menolong orang dari stress yang memuncak. Memotret dapat menjadi aktifitas yang baik untuk  mengalihkaan pikiran dari sumber stress. Selain itu memotret dapat menggajarkan anda memandang dunia dari sudut pandang yang lebih indah. Memang alangkah lebih enak bila memotret menggunakan kamera SLR, namun kamera digital biasa atau setidaknya kamera HP sudah cukup membantu. Bila stress mulai datang, mulailah mencari objek yang menarik untuk difoto. Apa saja bisa dijadikan objek foto. Objek foto bisa berupa orang yang sedang beraktifitas, kendaraan, gedung, lalu lintas, bahkan botol minuman bekas anda minum. Yang penting adalah moment dan sudut pandang yang tepat.
3.      Menulis
Hobby MenulisAktifitas yang satu ini seringkali jadi momok yang menyeramkan. Rata-rata orang akan berkata bahwa menulis itu susah,membikin tambah pusing karena harus berpikir lagi, padahal stress sedang mendera. Kenyataanya sebenarnya tidaklah demikian. Jangan pernah berpikir bahwa anda menulis untuk dibaca oleh seorang editor ternaama dan tulisan anda harus sangat bagus tanpa cacat celasedikitpun. Pemikiran yang demikian sangatlah menyesatkan. Tulislah tentang apa saja yanganda mau, apa yang terjadi, tentang perasaan dan uneg-unegganda, tentang bagaimana anda jatuh cinta, tentang makanan enak yang sedang anda inginkan, atau tentang permainan futsal yang baru saja terjadi. Tulislah gaya anda tanpa harus takut salah tulis atau takut dinilai orang lain.
4.      Karaoke
Hobby KaraokeHobi berikut ini termasuk hobi pelepas stress yang paling jitu. Anda tidak harus menjadi salah satu jebolan sekolah vocal ternama ataupun punya suara seindah Glenn Friedly untuk melakukan hobi yang satu ini. Cukup bermodal waktu, keberanian untuk lepas, dan anda siap untuk menggila di tempat karaoke. Ajak teman-teman dekat anda karena semakin banyak yang ikut, akan semakin seru. Anda bisa berteriak seekeras-kerasnya, bernyanyi sekonyol-konyolnya, bahkan naik ke atas meja sambil melepas semua stress anda tanpa harus takut dikritik ala pemilihan idol.


5.      
Menonton Film
Hobby Nonton FilmIni adalah salah satu hobi paling menyenangkan. Untuk hobi yang satu ini anda bebas melakukannya sendiri atau bersama pasangan atau teman dan keluarga. Pilihlah film yang paling disukai terlebih dahulu, cari tahu siapa pemainnya, tahu sinopsisnya, dan tonton previewnya agar tidak malah kecewa saat menonton karena bahkan film yang kita rasa baguspun bisa jadi sangat mengecewakan; apalagi film yang sama sekali kita tidak tahu. Untuk menambah keseruan, jangan lupa untuk membeli snack dan minuman yang dapat dinikmati sambil menonton. Menonton tidak harus dibioskop. Kita bisa menikmatinya cukup dengan fasilitashome theater yang ada di rumah, melalui laptop, ipad, ataupun DVD player biasa.
6.      Mengisi Teka-Teki Silang atau Puzzle
Hobby TTSMemang, aktifitas yang satu ini membutuhkan daya ingat dan konsentrasi yang tinggi  dalam pelaksanaannya. Pasti sebagian orang akan berpikir kalau hobi ini bukannya menghilangkan tresss tapi malah menambah beban kepada otak dengan beban mengingat dan konsentrasi ekstra. Kenyataannya tidaklah demikian. Saat mengisi teka teki silang, konsentrasi anda akan beralih dari segala hal yang menekan. Anda akan sibuk sendiri mengingat-ingat jawaban dari teka-teki silang atau puzzle yang sedang dikerjakan. Selain dari itu, mengerjakan teka-teki silang terbukti membantu melatih meningkatkan daya ingat dan konsentrasi bahkan membantu menghindari kepikunan.

7.      Melihat Ikan
aaaaSiapapun pasti suka melihat gerak-gerik ikan di akuarium atau kolam. Bila dijadikan hobi, kegiatan unik yang satu ini dapat sangat membantu  dalam meredakan stress dan tekanan darah tinggi. Selain itu kesabaran juga ketelatenan dan reflek mata kita akan ikut terlatih. Selain memperhatikan berbagai jenis ikan bergerak kesana-kemari, kita juga dapat ikut memberi makan bahkan hingga mengatur penempatan koral, hiasan, dan membersihkan akuarium.


8.      Berkebun
BerkebunHobi unik lainnya yang dapat membantu menghilangkan stress adalah berkebun. Memang menurut sebagian orang pasti berpikir kegiatan ini umumnya dilakukan oleh wanita. Namun angggapan itu tidak benar. Akhir-akhir ini sudah banyak pria yang memilih berkebun sebagai hobinya. Aktifitas menanam, menyiram, memupuk, membersihkan tanaman dapat membantu bukan hanya menenangkan pikiran dan meredakan syaraf yang tegang karena stress namun juga menyehatkan tubuh. Berkebun yang umumnya dilakukan di pagi hari membuat kita terpapar pada ssinar matahari pagi yang menyehatkan. Selain itu, saat berkebun kita juga menghirup udara segar pagi hari yang membantu penyediaan supply oksigen yang dibutuhkan otak. Saat supply oksigen terpenuhi, otakpun menjadi tenang dan  konsentrasi juga jadi maksimal.
Setelah anda mengetahui hobi-hobi diatas, kira-kira hobi apa yang akan anda jalankan? Yang jelas, hobi apapun itu semuanya berfaedah untuk membantu mengatasi stress. Selamat menjalankan hobi pilihan anda sembari mengatasi stress yang mendera. Cheers!

1 komentar: